Forum Anak Kampar Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

by -18 Views

BANGKINANG, INFO SUMATRA.Com- Forum Anak Kampar (Fakar) bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKKBP3A) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar menggelar Pelatihan Jurnalistik Dasar di aula DPPKBP3A, Jumat (25/3/2022).

Kegiatan ini dihadiri Kepala DPPKBP3A Kampar yang diwakili Kasi Pemenuhan Hak Anak Nila Riwayati, SKM, M.Si, Ketua Forum Anak Kampar Aldi Suhendar. Kegiatan ini dipandu oleh Fasilitator Hot Martua Pasaribu.

Selain menjelaskan pengetahuan mendasar tentang dunia jurnalistik kepada peserta yang notabene nya masih duduk di bangku SMA dan SMP sederajat ini, Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, S.E memaparkan tentang apa yang dimaksud dengan berita ramah anak.

“Pemberitaan ramah anak itu misalnya kalau ada pemberitaan kekerasan seksual yang menimpa anak-anak atau pelakunya anak-anak, maka identitas anak tersebut harus dirahasiakan oleh media untuk menjaga identitas anak yang menjadi korban maupun saksi tetap terjaga dan terlindungi dan tidak tersebar ke publik,” ujar Akhir Yani.

Selanjutnya ia juga menjelaskan persoalan yang sedang dihadapi wartawan di Kabupaten Kampar sekarang ini

“Persaingan menjadi wartawan di Kabupaten Kampar sekarang makin ketat, namun kalau ada yang niatnya ingin menjadi wartawan jangan patah semangat dulu, sebab kualitas dan integritas kita menentukan siapa kita,” pungkas Akhir.

Selanjutnya Dewan Penasehat PWI Kabupaten Kampar Dr Hj, Moli Wahyuni, S.Si,M.Pd menjelaskan tentang tata cara dalam menulis berita yang baik dan benar kepada peserta pelatihan

“Sebuah berita baru bisa di sebut berita kalau terdapat unsur 5 W + 1 H di dalamnya, kalau unsur mutlak ini tidak ada itu namanya cerita bukan berita,” ujar Moli.

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *