DPP LEMTARI Akan Berkunjung Ke Riau Jum’at Ini

by -24 Views

Ketua DPP Boyong Petinggi Negara Sebagai Narasumber

Pekanbaru, Info Sumatra.Com- Pimpinan Tertinggi Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Tinggi Adat Republik Indonesia (DPP LEMTARI) di jadwalkan akan adakan silaturrahmi dengan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) LEMTARI Provinsi Riau pada Jumat 8 april 2022 mendatang di Hotel Angkasa Garden jalan Setia Budi, Pekanbaru.

Sementara itu Ketua Umum DPP LEMTARI Suhaili Husein Datuk Mudo, saat di konfirmasi Rabu (6/4/2022) sore membenarkan hal tersebut, hal itu di sampaikan nya melalui sambungan telpon seluler pada awak media dikarenakan beliau masih berada di Jakarta.

Silaturahmi tersebut juga sekaligus akan membicarakan persiapan rencana Seminar Nasional Adat LEMTARI pada awal bulan Juni 2022 mendatang yang akan digelar di kota Pekanbaru.

Seminar Nasional Adat yang rencananya akan di taja oleh DPW LEMTARI Riau dan bekerjasama dengan beberapa Universitas yang ada di Riau akan menghadirkan empat orang Nara Sumber dari Jakarta.

Diantara Nara sumber yang rencananya akan dihadirkan yaitu, Prof. Dr. Jimly Asshadhiqqhi, Waka Polri (Komjen. Pol. Gatot Eddy Pramono), Waka Jagung (Dr. Sunarta. SH. MH), dan Direktur PemDes Kemendagri (Ir. Eferi Samsidar).

Di sebut kan Suhaili menyebutkan seminar yang akan digelar itu mengangkat tema tidak hanya sekedar akan memfungsikan adat, tapi juga tentang akan memberlakukan dan menggunakan kembali aturan hukum adat dinegeri masing-masing, serta menjadikan adat sebagai tuan dinegeri sendiri.

“Tema seminar nya yaitu Akan memfungsikan, akan memberlakukan dan akan mempergunakan kembali aturan hukum adat di negeri kita masing-masing dan menjadikan adat menjadi tuan di negeri nya sendiri sebagai jati diri bangsa Indonesia”, paparnya.

Ia juga mengharapkan aturan adat bisa kembali berfungsi dalam segala bidang kehidupan masyarakat.

“Kita menginginkan aturan adat bisa berfungsi kembali dalam segala bidang kehidupan masyarakat kita sesuai adat istiadat setempat,” harapnya.

Saat ditanya pendapatnya terkait adat Suhaili menerangkan sedikit pandangannya terkait adat.

“Adat itu serupa, tapi tidak sama, tetapi percayalah, tidak ada satupun peraturan Adat yang bisa merusak dan mencelakakan kaum nya, semua aturan adat itu pasti untuk kebaikan kaumnya,” terang Suhaili.

Masih dari keterangan Suhaili, acara yang akan digelar sekira pukul 15.00 wib hingga pukul 22.00 wib tersebut selain silaturahmi dan Persiapan Seminar Nasional Adat LEMTARI juga akan di isi dengan acara berbuka puasa bersama.

“Ada tiga agenda yang kita rencanakan, pertama silaturahmi, kedua Persiapan Seminar Nasional Adat LEMTARI, dan karena kita mengadakan acara ini dibulan puasa maka kita juga akan adakan acara berbuka puasa bersama,”(Kampay)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *