Pj Bupati Kampar Kukuhkan Linda Susanti dkk sebagai Pengurus DPC Iwapi Kampar, Ini Harapannya

by -88 Views

BANGKINANG – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kabupaten Kampar periode 2022-2027 resmi dikukuhkan oleh Penjabat Bupati Kampar H Kamsol di aula Rumah Dinas Bupati Kampar, Jalan Prof M Yamin SH, Bangkinang, Jum’at (2/9/2022).

Sebelum dikukuhkan oleh Pj Bupati Kampar, pengurus DPC Iwapi Kampar dilantik oleh Ketua DPD Iwapi Riau Hj Maryenik Yanda.

Acara pengukuhan dan pelantikan Iwapi Kampar dihadiri oleh Dewan Kehormatan Iwapi Riau Hj Lasvita Siahaan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Deswita Kamsol, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Ali Sabri, Kepala Dinas PPKBP3A Kampar Edi Afrizal, sejumlah pimpinan organisasi wanita dan pengusaha di Kabupaten Kampar dan pelaku UMKM.

Pelantikan pengurus DPC Iwapi Kampar
berdasarkan surat keputusan Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Provinsi Riau Nomor: 032/SK/DPD/IWAPI/2022 tentang Kepengurusan DPC Iwapi Kampar.

Pj Bupati Kampar H Kamsol dalam sambutannya menyampaikan, peran ibu-ibu yang tergabung dalam Iwapi sangat diharapkan. Semangat berusaha yang diawali dengan usaha yang kecil oleh kaum ibu setidaknya diharapkan mampu menopang biaya hidup sehari-hari keluarga.

Kamsol menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kampar telah mendorong terbentuknya dua wadah besar para pelaku UMKM. Wadah pertama adalah
forum UMKM sebagai tempat konsultasi para pelaku UMKM. Wadah kedua adalah koperasi yang mendukung pelaku usaha dalam mengembangkan usaha dari beberapa aspek.

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga menyebutkan bahwa Pemkab Kampar telah bekerjasama dengan Goorita dan media digital. Goorita adalah salah satu platform yang membantu UMKM untuk bisa naik kelas terutama untuk development product-nya. Goorita membantu packaging, sertifikasi, dan memberikan asistensi terkait dengan bagaimana produk ini branding-nya bisa lebih baik sehingga diharapkan membawa produk Indonesia terutama bisa go national dan go global.

Kepada pengurus DPC Iwapi Kampar Kamsol berpesan agar mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi. Jika terkendala hal tersebut maka ia menyarankan agar Iwapi Kampar merekrut para milenial.

Selain itu pengurus Iwapi hendaknya mendorong anak-anak dan masyarakat Kampar agar lebih kreatif dan mampu mendorong kehidupan yang mandiri.

Sementara itu Ketua DPD Iwapi Riau Hj Maryenik Yanda mengapresiasi Pj Bupati Kampar H Kamsol telah mendorong dan memotivasi tumbuhnya usaha kecil dan menengah di Kampar. “Kalau sudah dikumpukkan UMKM akan timbul ide-ide. Bagaimana mengembangkan usaha, bagaimana menciptakan para pengusaha baru dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan bergabungnya orang-orang pintar. Saya aplauslah buat Pak Kamsol. Saya bangga di di Kampar. Inilah yang kita harapkan,” tegas Maryenik kepada wartawan usai acara pengukuhan.

Kepada pengurus DPC Iwapi Kampar ia berpesan agar pengurus mendata para pelaku usaha mulai dari pelaku usaha rumahan hingga pengusaha besar. Data ini akan dikumpulkan dari seluruh kabupaten dan dilaporkan ke Iwapi pusat. Dari data ini Iwapi Kampar menjadikan sebagai dasar dalam bekerja.

Iwapi sebagai salah satu organisasi, maka Maryenik minta menjadi mitra kerja pemerintah.

Senada dengan Kamsol, dalam pengarahannya pada acara pelantikan Maryenik juga meminta pengurus DPC Iwapi Kampar melibatkan para milenial tanpa meninggalkan pengusaha yang senior. Ia juga menyarankan agar Iwapi Kampar setelah dilantik agar segera menggelar rapat pleno, memutuskan program kerja dan kebijakan organisasi.

Sementara itu Ketua DPC Iwapi Kampar Linda Susanti berharap dukungan dan pembinaan dari pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya agar organisasi pengusaha wanita ini maju dengan berbagai sektor.

LINDA menambahkan pihaknya akan membantu mendorong dan memajukan pengusaha di Kampar. “Ini akan dibahas dalam rapat pleno,” ujar Linda.

Ketua Panitia Pelaksana Pelantikan DPC Iwapi Kampar Triska Felly menyampaikan, pengurus Iwapi Kampar yang dilantik sebanyak 30 orang.

Adapun tema pelantikan adalah “Tingkatkan peran serta perempuan dalam dunia usaha untuk pembangunan Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,”.hir

Berikut susunan pengurus DPC IWAPI Kampar periode 2022-2027.

Dewan Pembina:
– Pj Bupati Kampar
– Sekda Kampar
– Istri Pj Bupati
– Istri Sekda
– Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi Riau
– Ketua Umum Kadin Kabupaten Kampar

Dewan Penasihat:
– Kadis Perdagangan, Koperasi, UMK Kampar
– Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kampar
– Kadis Perindustrian dan Tenaga Kerja Kampar
– Kepala DPPKBP3A Kampar

Dewan Kehormatan:
– Lasvita Siahaan
– Rismaliza, SH

Dewan Pengurus Cabang
Ketua Umum: Linda Susanti

1. Wakil Ketua Umum Organisasi Keanggotaan Database, Kesekretariatan dan Kelembagaan
– Miko Ermastiti, AMd

Ketua Komite Tetap Organisasi dan Keanggotaan
– Ida Sanjaya

Anggota Komite Tetap
– Dian Rozalie

Ketua Komite Tetap Kesekretariatan
– Dhian Suzana, SE

Anggota Komite Tetap
– Aurelia Natasya, SGz

Ketua Komite Tetap Kelembagaan
– Mesliati

2. Wakil Ketua Umum Kebendaharaan
– Suharnis Yahya, SH, MH

Ketua Komite Tetap Kebendaharaan
– Triska Felly, SH

Anggota Komite Tetap
– Enda Yuliani, SE

3. Wakil Ketua Umum Perindustrian
– Nuraini Razak

Ketua Komite Tetap Perindustrian
– Rafi Isabela

4. Wakil Ketua Umum Kelautan, Perikanan, Lingkungan Hidup, Kehutanan
– Hj Ade Irma Kumalasari

Ketua Komite Tetap Lingkungan Hidup
– Dwi Prasetyawati

5. Wakil Ketua Umum Pariwisata, Budaya dan Ekonomi Kreatif
– Philo Yolanda

Ketua Komite Tetap Pariwisata
– Ulva Utami

Ketua Komite Tetap Budaya
– Nur Laila

Ketua Komite Tetap Ekonomi Kreatif
– Warsiyem

6. Wakil Ketua Umum Kemitraan
– Yuraeni Martina

Ketua Komite Kemitraan
-Lukita Permatasari, SPd

7. Wakil Ketua Umum UMKM
– Ir. Hj Ninik Sumartini

Ketua Komite Tetap UMKM
– Debby Ferisnancy

8. Wakil Ketua Umum Pendidikan dan Pelatihan
– Dr. Molly Wahyuni, SSi, MPd

Ketua Komite Tetap Pendidikan Pelatihan
– Nurhidayah Sari

9. Wakil Ketua Umum Hukum dan HAM
– Zumrotun

Ketua Komite Tetap Hukum dan HAM
– Safitri

10. Wakil Ketua Umum Humas dan Promosi
– Era Noveryanti, SPd

Ketua Komite Tetap Humas dan Promosi
– Fath Ruqaiyah, SE

11. Wakil Ketua Umum CSR dan Sosial
– Dr. Dwi Wirda

Ketua Komite Tetap CSR
– Asniwati, SPd

Ketua Komite Tetap Sosial
– Arvina Wulandari

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *