Fuadi : Kemenag Kampar Tahun Ini Berlimpah Berkah, Seluruh Kegiatan Sukses Dilaksanakan Termasuk MQK Tingkat Ponpes Se-Kab. Kampar

by -352 Views

Kampar ,info Sumatra.com– Alhamdulillah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar tahun ini berlimpah berkah, seluruh kegiatan dalam rangka menyemarakkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke-78 tahun 2024 sukses dilaksanakan, termasuk Musabaqah Qiro’atil Kutub (MQK) atau lomba Baca Kitab Kuning tingkat Pondok Pesantren se-Kabupaten Kampar.

 

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar H Fuadi Ahmad SH MAB, dalam kata sambutannya saat acara Peresmian Gedung Pusat Layanan Haji Dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar dan Penyerahan Hadiah Lomba Baca Kitab Kuning (MQK) tingkat Pondok Pesantren se-Kabupaten Kampar tahun 2024.

 

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr H Muliardi MPd, Plt Kabag TU Dr H Rahmat Suhadi MPd, Kabid Haji dan Umroh Drs H Syahrudin MSy, Para Kepala Kemenag se Provinsi Riau, Kepal Subbag Tata Usaha Kantor Kemenag Kampar H Dirhamsyah MSy, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H Zulfaimar MAP, Para Kasi, Ketua Umum Dewan Dakwah Kampar Samsul Bahri SAg MPd, Ketua Umum Pemuda Dewan Dakwah Kampar Gustika Rahman SPdI, Para Pimpinan Bank, Pimpinan RWH Bangkinang Syech Mulyadi, para Kepala Kantor Urusan Agama, Para Kepala Madrasah Negeri, dan undangan lainnya

 

Fuadi mengatakan, berlimpahnya berkah di Kemenag Kampar ini, mulai dari suksesnya kegiatan-kegiatan dilaksanakan, mulai dari Tournamen Badminton, Tenis Meja, Lomba Azan dan Pidato tingkat MDTA seKab. Kampar, lomba tahfiz juz 30 antar SD Sekab. Kampar, lomba Pidato Bahasa Indonesia antar SMP sekab. Kampar, lomba pidato Bahasa Inggris sekab. Kampar, Upacara HAB ke-78 dan berbagai permainan rakyat.

 

Kemudian yang tak kalah hebatnya adalah lomba baca kitab kuning tingkat Pondok Pesantren sekab. Kampar, yang ditaja oleh Kemenag Kampar bersama Dewan Dakwah Kampar (DDII). Kegiatan ini sangat sukses dilaksanakan, yang mana pesertanya 3 kali lebih banyak dari tahun kemaren. Pada tahun kemaren jumlah pesertanya hanya 30 orang, dan pada tahun ini jumlah pesertanya sebanyak 93 orang, dan hari ini pialanya dan uang pembinaan akan diberikan. Melihat banyaknya peserta Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang langsung terpanggil hatinya untuk memberikan hadiah Umroh kepada Juara 1 putra pada tahun depan, dan untuk hadiah umroh putri langsung ditanggung oleh RWH Cabang Bangkinang. Mudah-mudahan dengan suksesnya acara ini, dan dengan semangat yang luar biasa, diharapkan akan lahir ulama-ulama muda dari Kab. Kampar.

 

Kemudian juga pada tahun ini Kemenag Kampar banyak mendapatkan bantun dari Kementerian Agama Pusat dalam hal pembangunan, baik pembangunan di Madrasah, Pondok Pesantren dan juga ada di Kantor Urusan Agama, yang jumlahnya mencapai 20 Milyar lebih. Pada hari ini Alhamdulillah juga kita dapat meresmikan Gedung baru yakni Gedung PLHUT. Oleh karena itu, kita patut bersyukur atas keberkahan-keberkahan yang telah diberikan oleh Allah Swt kepada kita, dan berterima kasish kepada Bapak Kakanwil Kemenag Riau dan Bapak Kabid Haji dan Umroh atas pembangunan Gedung ini, ucap Fuadi.

 

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr H Muliardi MPd dalam arahannya menghimbau kepada seluruh Pegawai Kementerian Agama terutama seksi haji, untuk menjadikan Gedung baru ini sebagai pusat informasi dan pelayanan haji dan umroh di Kab. Kampar. Fungsikan gedung ini dengan sebaik-baiknya dan berikan pelayanan yang prima kepada seluruh Jema’ah Calon Haji (JCH), pada musim haji tahun ini.

 

Untuk diketahui pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 H/2024 M telah disepakati Pemerintah dan Komisi VIII dengan rata-rata sebesar Rp 93,4 juta. Sementara BIPIH yang harus dibayar jemaah rata-rata sebesar Rp56,04 juta. Untuk besaran biaya haji jema’ah kita di embarkasi Batam lebih murah dari yang lainnya yakni sebesar Rp 91.198.048, jumlah yang di bayar sebesar Rp53.833.934,-, kemudian dikurangi RP. 25.000.000,- (uang waktu pendaftaran), sisa yang harus dibayar oleh jema’ah kita tinggal lagi sebanyak Rp.28.833.934,-.

 

Waktu pelunasan BIPIH Jemaah Haji reguler ini dibagi dalam dua tahap. Pelunasan tahap pertama, dibuka dari 9 Januari – 7 Februari 2024, dan Pelunasan tahap kedua, dibuka dari 20 Februari – Maret 2024. Untuk itu mari sama-sama kita sampaikan informasi ini kepada seluruh jema’ah haji kita, pungkas Muliardi.

 

Usai memberikan arahan, Kakanwil Kemenag Riau, didampingi Kakan Kemenag Kampar, dan Pimpinan RWH Bangkinang, menyerahkan Piala dan uang pembinaan kepada seluruh pemenang lomba Baca Kitab Kuning dan foto bersama. Kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita, pertanda Gedung Baru PLHUT Kantor Kemenag Kampar diresmikan, dilanjutkan dengan peninjauan seluruh ruangan dan makan bersama. (Ags/Ftm/Cca)

0Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *